#metalk : kenapa sih gaboleh ngeluh?

SEBELUM MELANJUTKAN MEMBACA

Ini hanya sekedar curhatan saya, boleh memberi tanggapan di komentar.


Orang tua selalu ngajarin kamu bersyukur, begitu juga guru dan orang-orang terdekatmu. Pastiii semua memberi contoh yang baik untuk sesama manusia. Tapi apa jadinya kalo kamu nggamau ngelakuin itu? pasti bakal ngeluh. 

Ngeluh sama keadaan, ngeluh sama realita yang kamu hadapin sekarang. Udah jelas ngeluh itu memperburuk keadaan, tapi kamu sendiri malah memperburuk keadaan. Karena sama sekali ga ada manfaatnya, cuma nyape-nyapein aja.

Mungkin ada beberapa orang yang ngeluh, karena bersyukur sama keadaan itu susah banget. Ya, aku juga pernah kaya gitu. Bahkan sering banget, aku selalu mikir

“Kenapa aku ga seberuntung dia?” 

“Kenapa aku lahir dari keluarga yang biasa-biasa aja?”

“Kenapa aku gak cantik?”

Dan sebagainya sampai ga bisa disebutin lagi. Atau, kamu bersyukur- tapi cuman terpaksa? Ada?

Ada. Dari sisi pandang kamu untuk bersyukur, tapi belum bisa sepenuhnya menerima dan ikhlas sama keadaan sekarang ini. Daripada ngeluh, mending asal bersyukur aja. Atau biasa disebut pasrah.

Kalo pasrah, itu bagus. Tapi sayangnya jalan hidup kamu jadi datar dan gak terarah. Kamu gak punya motivasi untuk suatu hal. Ini lebih baik daripada kamu ngeluh yang gak ngehasilin apapun.

Aku juga pernah pasrah. Dimana aku gak tau mau ngapain, karena sebagai anak yang masih harus nurut sama orang tua, sedangkan keadaan orangtua ku lagi gak memandai. Jadi aku ngejalanin hari-hari yang flat dan merasa gak berguna. Akhir- akhirnya ngeluh.

Karena ngeluh, orang-orang disekitarku merasa risih. Dan saat itu aku fine fine aja, toh hak aku ngeluh, aku juga nggak mentingin hak orang lain pada saat itu. Karena aku udah ga tau lagi mau ngapain.

Jadi kembali ke inti, kenapa kita ga boleh ngeluh? Karena aku yakin, Tuhan punya jalan untuk kita semua, untuk masing-masing orang. Tapi hanya belum waktunya, Tuhan memberi kesempatan untuk kita berusaha mencari apa yang kita butuhkan agar kita bisa menikmati hasilnya dan bersyukur, jadi nggak ngeluh lagi.

Sekarang aku lagi ngetik ini, aku minta maaf sebesar-besarnya atas nggak dan berfaedahnya tulisan ini. Semoga bermanfaat, makasih.

Iklan

2 pemikiran pada “#metalk : kenapa sih gaboleh ngeluh?

  1. Nggak ada yg ngelarang ngeluh, itu manusiawi, yg penting tau batasan aja. Aku juga sering ngeluh, terutama tentang hubunganku sama ortu atau gara2 merasa gak cantik (pernah sampe nangis segala saking frustrasinya). Tapi alhamdulilah — meskipun aku gak bilang hidupku sekarang udah bahagia tanpa keluhan — tapi yg penting kita punya tujuan. Itu lebih dari cukup.

    Ya allah aku ngomong apa yak ._. Maap ini saya mendadak juga curcol daripada suntuk

    Keep calm n stay healthy ijung 😇

    Disukai oleh 1 orang

    • iyaaa benerrr tau batasan jd ga ngerugiin fisik sendiri dan org lain jg.
      omg kamu cantik cantik dari hatimu!
      semua cewe aku percaya pasti cantikk ehehe

      HAHAHA aku juga ngetik metalk yg ini pas lagi badmood juga lol.
      U too sista!

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s