Roleplayer itu Apa?

Hasil gambar untuk whatsapp roleplayer

Soo…halooo gengs~ udah lama banget ya gua nggak update sesuatu dilapak ini EHE gak usah dibahas yep kenapa mengapanya, cus aja sesuai sama judulnya kali ini. Gua bakal bahas tentang “Roleplayer” atau yang biasa lu denger dengan sebutan RP.

Jadi apa sih, RP itu?

RP itu permainan. Tapi beda, lu bukan mainin permainan itu kayak lu lagi main game balapan mobil or makeover, pokoknya ini gak ada sama sekali unsur ke-game gamean. Roleplayer itu, permainan ‘memerankan karakter’.

Jadi dimana lu yang nge-RP itu harus punya karakter atau yang biasa disebut-sebut ‘chara’. Charanya itu ditentuin atau gimana? Nggak kok, lu bisa milih sendiri lu mau jadi siapa dalam RP itu, enak kan?

Biasanya, kalo di RP itu mostly adalah chara orang Korea, atau member-member girlband dan boyband. Tapi sisanya lu juga bisa nemuin chara Indonesia, Western, Thailand, dll yang bener-bener gak maenstrim juga banyak haha.

Main RP itu harus dimana?

Banyak tempat sosial media yang bisa lu gunain untuk bermain RP, pastinya ngeRP itu kudu ada temen-nya jadi bukan lu main sendiri—“ yakali wkwk. Nge-RP tuh bisa di LINE, BBM, Facebook, Twitter, LINE Play, LINE@, Instagram, dan Whatsapp bahkan temen gua ada yang main di SMS -_-.

Kenapa itu banyak banget rata-rata yang pake LINE buat ngeRP?

Soalnya, kalo menurut gua setelah pernah nge-RP di ketiga cabang LINE tersebut, yaa soalnya LINE itu pasti menyediakan fitur ‘chatting’ atau semacam kek gitu lah ya. But Mostly aplikasi LINE itu paliing banyak dipake dibanding LINE Play / LINE@

Cuma orang Indonesia yang nge RP?

Noo, salah. Orang Malaysia, Western juga suka main RP. Tapi karena kita di Indonesia mari lestarikan rp Indonesia /apasingaco

Setiap nge-RP di sosial media yang beda itu cara mainnya juga beda?

Maybe yes maybe no. HAHA

  • LINE :

Ya kayak yang tadi gua bilang, RP di line itu ngandalin

  1. Timeline
  2. Groupchat (gc)
  3. PC
  4. Relay (jaman 2017)

. Disitu gua ngerasa seru bangett, dimana pertama gua nge-RP diLINE tahun 2015 dan gua ngecharain Tzuyu. Tau ga sih? Gua awalnya bisa nge-RP diLINE itu ketika gua ga ngerti main rp disini, dan gua Cuma sebagai akun line biasa dengan dp (display profile) foto Tzuyu TWICE, header foto TWICE, dan dn(display name) gua itu ‘tzuyu (hangul tzuyu juga).

Dengan penampilan profile gua kek gitu, gua dikira anak ‘RP’ sama anak ‘RP lainnya ketika disuatu groupchat gitu, terus ga ada salahnya gua iyain, jadi mulai saat itu gua resmi jadi anak rp. Dari grup yang awalnya ‘EXO L INDO’ alias grup buat anak RP& anak non-RP (rl), gua kenalan sama anak rp yang masuk grup itu,

Alhasil gua jadi bisa masuk grup asli khusus untuk anak RP, lama lama grup gua jadi lumayan, chara gua setelah Tzuyu ganti jadi Eunseo WJSN, terus ganti Solbin Laboum, terus ganti Seulgi RV. Setelah beberapa hari pas lagi seru-serunya ngeRP itu (sekitar tiga bulan), eh gua tinggal beberapa hari /gak on (ga buka HP Karena alesan tertentu),

Tiba tiba LINE gua jadi PENDING / LOAD CHAT. Paling sebel kayak gitu, gua nunggu tuh lama banget, sampe besok belom kelar juga, sampe akhirnya gua memutuskan untuk buat akun baru.

Akun yang pertama kali nge rp itu sengaja gak gua Deak in (DEAK = Delete account), soalnya gua log-in LINE@ pake akun itu.

Di akun baru itu, gua masih ngecharain Seulgi dengan dn ‘raeng’ pake lambang dll lah gitu ya, terus ganti ganti, sampe akhirnya chara 2017 terakhir gua Momo TWICE dengan dn ‘raeng’ juga dan pernah make ini, kek ‘jire,ayana,ganja,ayla,ciloy,keyzie,dll’.

Di RP LINE ini lu juga bisa nemuin kekreatifan anak RP macem buat ‘sekolah’ disana, dengan system yang beda-beda. Terus ada juga ‘agency’ yang dimana lu jadi artis terus lu bisa debut disana, debut nya itu bukan lu harus cover sing/cover dance:v

Mostly yang gua sering liat itu, banyakan orang debut ngupload foto2 chara yang mereka charain di agency itu terus upload lyrics2nya.

Ada juga para jones :’v yang buat event-event menyangkut cari jodoh. (Sekarang banyak TMO = take me out) Ada yang namanya menfess, alias Mention Confession (Pesan rahasia), dimana lu ngirim pesan ke OA Admin Menfes nya itu, dan Admin nya itu akan ngepost di TL dia, persis apa yang lu kirim tadi dan ngetag orang yang mau lu kirim pesannya itu.

Oh iya, lastly tentang RP LINE ini, gak ketinggalan juga para kicker RP yang sekarang ini lagi lomba-lomba biar clannya famous dikalangan anak rp. Hmm, agak kecewa sih anak rp kicker jaman 2016-2017 beraninya ngeratain grup Squad, Agency,Sekolah RP, Fams rp (tapi saya juga ikutan hehe). Begitulah yang bisa gua ceritain tentang RP LINE, kalo kepanjangan kasian lapak yang lain:v

Screenshot_2017-02-03-21-58-08-1.png

Akun saat jadi Momo

screenshot_2017-02-03-21-58-47-1

Dulu, gua pernah debut di grup RP Redvelvet Agencynya SKY

screenshot_2017-02-03-22-03-39-1

Ini perkenalan  pas gua debut jadi Seulgi di Revelsky

screenshot_2017-02-03-22-02-19-1

screenshot_2017-02-03-17-42-22

Contoh CLAN kicker grup line rp

awal Mei 2017 gua udah LRP btw. 😦 Lalu sempat back 7 Mei 2018 kemarin jadi Doyeon (id : mxlati) DAN SEKARANG UDAH LRP TOTAL DI LINE gaakan balik lagii yeay finally bisa leave yawla wkwkwkw. Cuman kalo mau nanya2 lewat pc boleh koo..

  • BBM : Kalo yang satu ini, gua belum pernah ngeRP di BBM.Cuma mungkin sedenger cerita dari bestie2 gua yang rp BBM juga, mereka tuh bisa nge-broadcast(bc). Ada grup2 juga kok. Coba yang rp Bm cerita di komenn~

Hasil gambar untuk main rp bbm

 

  • Facebook :

Nah, ini mungkin pas gua masih ngefans sama ‘Cherrybelle’ dan udah nge rp korea deh:’v, 2012 kalo nggak salah.

Disitu gua Cuma sebagai akun fb biasa dengan dp foto asli gua, dll. Gua cuma masuk ke beberapa grup RP Karena penasaran. Sebenernya ini pertama kalinya gua nge-RP kali ya/? Disitu gua nggak ngerti apa-apa, Cuma taunya memerankan peran.

Disana gua less ooc (bener bener sebagai charanya/ update2 tentang dia, bukan mengada-ada), terakhir inget chara gua Taeyeon kalo gasalah. Kita harus ngebooking ID chara kita, kalo udah ada yang make berarti udah gaboleh dipake org lain.

 

Gua ngepost gini misalya : (foto taeyeon lagi duduk sendiri) “Taeng gabut banget nih, ga ada orang kah /lirik sekeliling/”

Semacam itu. Lalu lu kalo post/comment harus pake nametag macem komen : “Iya taeng unnie, salam kenal ya /lewat, senyumin/ #JOY”

Gua memutuskan untuk ga ngeRP Facebook lagi di tahun-tahun berikutnya, dikarenakan gua kurang tertarik:’v

rp fb.jpg

Salah satu grup gua dulu pas nge-rp.

 

  • Twitter :

Nah, saingan terberatnya RP LINE. Bukan saingan war maksudnya:v Saingan dalam arti, banyak juga yang main rp disini. *Edited* akhirnya gue main rp twitter, @arlankth chara Taehyung, gue join satu squad mayan asik, namanya BIJIPREN (bts + gfriend).

Fasilitas :

  1. DM Grup
  2. TL
  3. Mention
  4. Hastag
  5. Moment

Jfb itu = join follback, jadi dgn pake unem itu, kita follow orang nanti di follback.

Menfess disana mungkin juga banyak buat promote akun sendiri, atau cari kenalan, dengan cara orang yang liat bisa reply tweetnya lalu ngobrol deh sama yang ngirim menfess. (BTW, akun arlankth udah lama banget ga dimainin lagi:( lagi ga mood)

 

sdsdas

@TLRPES Menfess di RP twitter.

 

 

  • LINE PLAY :

Wah, ini gua juga suka, gua nge-rp disini kisaran tahun 2014-2015. Dan gua cuma pernah ganti jadi dua chara, yaitu Yein Lovelyz, dan Eunseo WJSN terakhir.

Oh ya, LINE PLAY itu games loh. Game yang dibuat LINE Coorporation. Bisa dibilang ini game dalam game/? Cus aja, disini itu lu punya avatar, bisa didandadin pake baju apalah makeover dll, terus ada diary juga. Diary itu dikasih pribadi sendiri-sendiri, nah biasanya kita ngeRP disini. Di RP Line play ini setau gua semuanya less ooc/? 

Misalnya: gua sebagai chara Eunseo, harus nyari2 foto terbaru Eunseo buat ngepost di diary gua.

Nah, Karena ini bukan sosial media melainkan game, lu juga ga bosen2 amat kalo gak ada temen or lagi bete ngeRP .Disediain game lagi di line play nya itu.

Kayak mancing, dropdrop, fruit monster,dll. Oh iya kita juga ada yang namanya Square, jadi avatar lu itu ngumpul sama stranger dan bisa chattingan tapi bukan kayak grup chat gitu. Melainkan avatar lu bisa jalan-jalan di arena Square itu.

Di sini juga ada Agency ya, seinget gua sih pas gua ngeRP Yein Lovelyz, gua masuk agency DAN7ER. Dan pas Eunseo WJSN gua masuk Alpha Ent. Kalo disini mungkin gatau ada debut atau enggak, soalnya dijaman gua belum pernah liat yang debut:’v mungkin agencynya untuk mabar(main bareng) aja kali ya/? Ini yang kiri akun official agensi Alpha, lalu kanan gue repost foto rulesnya sebelum join.

Oh iya, buat yang penasaran beberapa chara di lineplay, ini..

Acc itu = accpet / terima pertemanan btw.

assasa.jpeg

 

Hasil gambar untuk line play rp

Ini café (square), btw nyuri foto orang juga:v

 

  • LINE@ :

Masih keluarga LINE Coorporation juga  ahaha. Disini yang bisa lu kenal dengan sebutan ‘Official Account/OA’ Tau kan? Biasanya kalo yang nggak nge-RP. Taunya OA itu kayak Fanbase, Menfess, Lockscreen, Reseller, dll.

Nah, disini gua Cuma pernah awalnya jadi Sana TWICE, terus ganti sampe sekarang jadi Momo TWICE dengan total Deak 3x dan sekarang adders gua baru mencapai 2,3k . Mungkin kalo lu RP OA, bisa dibilang ada yang Less OOC, dan ada yang OOC (Out of character). Kalo lu jadi less ooc, biasanya banyak lu temuin, kayak:

RP Kim Taehyung, lu bener bener serasa chat sama Taehyung. Jadi dia harus muasin adders (yg ngeadd dia) dengan dia berperan sebagai kepribadian Taehyung yang g*blok, kamvret, dan lain lain yang bikin gua lope lope:v (oke ini emang pada dasarnya pens kak Taehyung)

Kalo OOC ya banyakan BC, ga ngikutin updatean chara.

Disini fiturnya lu bisa ‘Personal chat (pc) , Broadcast (bc), Timeline kita sendiri’

Ada agency juga kok, Gua dari pertengahan jadi Momo ikut agency BG Ent. Dimana tempat ngumpulnya di grupchat line biasa, soalnya di LINE@ gaada grupchat T_T.

Nah, karena lu diberi kebebasan untuk nge-bc alias pc keseluruh kontak secara otomatis, lu juga  Gua saranin jangan BC banyak2 dalam sehari, ya pasti adders lu merasa keganggu lah bisa bisa lu di block massa kan repot.

1478338702553

PC

 

Screenshot_2017-02-03-22-07-31.png

Ini RP LINE@ gua.

  • Instagram : Ini gua juga main kok untuk ngisi kekosongan waktu gua setelah LRP di LINE,  Username gua saat itu @r.aeng (sekarang udah ngk ada karena kena suspend entah kenapa) .Chara gua disana, Hankyung ulzzang parody.

hhhh.jpeg

Disini lu Cuma bisa fitur kayak Instagram biasa lah, DM (Direct Message/chat), ngepost foto, dan insta story. Disini lu bisa berbaur juga, ada groupchat di DM.

Agency juga ada, tapi gua ga ikut. Squad dan menfess juga ada.

Oh iya, yang biasa gua temuin disini itu, banyakan ooc. Mereka cuma minjem muka artisnya itu tapi ga berperan sebagai sebagaimana kepribadian artis itu, misalnya chara Mingyu update tentang Mingyu konser terbaru,dll gitu. Sekarang 2018 RP instagram sering gue stalk dari akun ig pribadi gua:v dan nyatanya juga banyak yang pake marga kayak di line (Zweta Zweto haii!)

Dulu nya gua memutuskan untuk menganggurkan akun raeng tapi, :”) karena bete udah lrp line, jadi sepi. Yaudah buka instagram, nge lanjut rp instagram deh~

  • WhatsApp :

Yo, gua pernah nyoba main rp WA dua mingguan,

Jadi ceritanya gini; Gue kan masuk grup WANNA ONE, terus ada yang promote grup RP, gue klik deh tu linknya karena penasaran, pengen coba juga. Nah pas masuk, ya beda banget sih sama rp w/a, mungkin rada lebih frontal dan overtyping disini/? mohon maaf aja. Karena waktu gue masuk sana, ditanyain, mau pilih chara siapa, gue mikir dulu agak lama karena mau liatin sistemnya gimana- malah dibentak pake tanda seru+bold -_-. kayak “CEPETAN MAU PILIH CHARA YANG MANA!!

Me as Mina TWICE.

  • SMS :

Haaa bener ini temen gua di Instagram ngaku, pernah main rp SMS, ga tau kisaran tahun berapanya .

Cuma pasti dimana kita belum populernya aplikasi kayak LINE, WA,KakaoTalk.

Maybe sih, kita punya dua SIMCard, satu sim buat rp satu lagi buat real life. Terus kita berasa punya nomer hp artis gitu?:v Ya tanyakan pada teman saya (ga, buungan). Dan ya guys, bayangin aja, dulu tuh MMS (ngirim gambar) itu butuh pulsa besar, dan kalo emang lu lagi bokek terus besoknya lu mensive sama couple lu niat mo ngirim gambar gambar romantis. Semua gagal karena belum isi pulsa…rada gawat ya kan guys, tapi penasaran juga gimana. Kurang efektif menurut gua.

18047768c01ea1dff764151c83940258

Mungkin ini kayak sms di IPhone 1,2,3 ya? dan versi inggrisnya. Gua belum nemu dimana rp SMS Indo bernaung:’v


 

Nah, ini beberapa kata yang biasanya sering ada di RP. (Mostly gua biasa di RP LINE)

KATA KATA DALAM RP 

Kam/welkam/keset : Welcome, selamat datang (kalo lu biasanya baru masuk di suatu grupchat)

Wb : welcome back (kalo lu udah pernah masuk grup itu, terus keluar, terus masuk lagi)

100ur (atau angka berapa aja) : dia setor notif, 100 chat yg blm kebaca (100ur) ur= unread.

Ckk : Chukkae (selamat)

Chara : karakter

LRP : Leave Role player (ninggalin rp)

Selir : selingkuhan

Deak/Deacc : Delete account (hapus akunnya)

Bmbk : boomlikeback (biasanya ini di Line & Fb)

Fb lb : follback likeback (di Insta)

Rpc : read pc (lu disuruh baca pc nya dia)

Fr : friend

Acc : accpet

Fl : friendlist

Ls : Like share

Lsb : Like share back

Ganchar : ganti chara.

Mulchar : Multi character. (banyak charanya, gak Cuma satu.)

Nc : need couple

Nnc : no need couple

Ncyd : need couple yadong :’v

Yuri : lesbian

Homo : Gay

Uke : seseorang bisa cewe/cowo yang ceritanya itu jadi cewe.

Seme : seseorang bisa cewe/cowo yang ceritanya itu jadi cowo.

“..(contoh tentang uke & seme : misalnya lu couplean cowo x cowo, nah yang jadi uke itu rp Jungkook, yang jadi seme itu rp Taehyung. Nah si Jungkook itu yang kita gatau rl nya, dia berlaku layaknya jadi pacar cewe)..

Agency / Ent : tempat dimana lu bisa berkumpul sesame rp lainnya.

SQ : squad

Rata : misalnya grupchat lu di kick sama kicker sampe ludes semua membernya, nah itu namanya rata (biasanya LINE)

Hp : help promote (lu minta promotein ke orang lain, bisa dimana aja. Tergantung lu nge-rp dimana)

Pfp : promote for promote (bisa dimana aja, yang penting lu promote in dia nanti di promote in balik ,entah gimana caranya)

Pb : promote back

Jfb : join follback

Tft : thanks for tag

Tfi : thanks for invite

Tfc : thanks for coming

Brb : be right back

Sfs : shoutout for shoutout (biasanya di Instagram)

PP : paid promote

Etbek : addback

Dn : display name lu

Dn locked : jadi dari nama yang dibuat lu, gaboleh ada yang pake lagi selain lu, tapi bukan berarti yang namanya ‘Taeyeon’ gaboleh pake nama Taeyeon  ya. Dn yag gua maksud itu dari nama yang lu buat sendiri, kayak “raeng” nama yang gua buat.

Dp : display profil lu

Hd : header/ foto yang dibelakang profile (bisa di twitter, line, line@)

Bio : biodata/ keterangan

Root : nah ini nih, biasanya ada di LINE, LINE Play, atau Instagram. Dimana sebuah postingan isinya keterangan tentang lu, Biasanya menggunakan tambahan foto dengan nama kita. Bisa aja lu isi misalnya,simple aja:JEJAK RAENG 1.png

R O O T

Chara – momo,

Others – tzuyu, baek sumin, taehyung.

Dn – raeng

Est. 1996, ‘26

Part of: BG Ent/ RPW Ent/ Jelly Ent as Momo , Alpha Ent as Yein, Sky Ent as Seulgi.

2gesrek’3 with @ara. 4lay’11 with @jidi @luxeyz @nydew.

(anggep aja begitu rootnya)

TG : Transgender

Kirkon : Kirim kontak

SS GM : Screen shoot Greeting Message (ss pesan pembuka)

Kibar : biasanya lu ngirim kontak clan lu kalo lagi ngekick.

Cuping : cute typing, dimana lu nulis jadi berlagak imut.

Newbie : orang yang baru.

Oplas : operasi plastic (sama aja kayak ganchar, biasanya oplas ini di RP FB dan Line play)

Vcg/vc : voice call group/ voice call (teleponan lewat LINE)

Jjkp : jomblo jones kebelet pacaran

Rl : real life

Bestie : sahabat

Fams : family/kerabat lu di rp

Pemes : famous

Ipen : event

LH : long hiatus, dia ngasih tau kalo dia bakal LH artinya gak on lama.

SH : Semi hiatus, dia bakal masih aktif tapi udah jarang banget on.

H : Hiatus, masih aktif tapi rada sibuk.

Bbg : Baby girl (jable)

Ddk : Daddy King (pasangannya bbg)

Kontijo : Kontak hijau (biasanya di line@)

nn : nickname

Aumen : auto comment (terdiri dr org2 yg komentar bebas/ ga nyambung sama postingan di timeline gapapa asal komentar, jadi ngeramein gitu0

 

Oh iya, ingat yeu.

“Kalo lu terjerumus dalam dunia Roleplayer dengan mudahnya, dan butuh perjuangan kuat dan tekad untuk meninggalkannya, whiches lu udah nyaman sama dunia lo disana, dunia dimana lu bisa ngatur sesuai kemauan lu, punya kedudukan lah, dll lah. Tapi suatu saat lo bakal lrp, dan itu semua bakal terjadi kok. Entah masih berhubungan sama fambest itu urusan lo, tapi inget prioritas rl aja sih.”

“Kalo mau nanya nanya ? PC LINE id: mxlati” udah gak rp ya gaiss.

Mungkin segitu aja ya artikel gua tentang Roleplayer kali ini yang rada bego Karena gua tiba-tiba jadi flashback :’) Gua akhiri aja ya, dadahh see you later~ Thanks for reading, please comment below for feedback.

Sincerely, LittleJungg

Untitled-3

116 pemikiran pada “Roleplayer itu Apa?

  1. Wkwk lewat ini di TL sebagai mantan anak rp yg udh jenuh. Baca kilat aja sih karena udh ngertong LOL

    Btw in my opinion ya dek. Enakan rp twitter. Gak banyak chat. Grup skrg bs grup dm. Lalu menfess, agency, dll itu lebih enak. Tweet juga lancar. Dulu jg prnh main rp bbm dan skrg merasa itu pembodohan, iyalah banyak bc batre boros. Apalagi SMS (walau belum pernah) diri ini cuman main rp di twitter sm bbm aja. Skrg ada di twitter itu pun cuman nengok tp gak dimainin, udh pergi sih ya malah mau dikasih temen. Gak tau gak minat sama rp lagian kalo semua akun rp kapan mengurusi real life XD. Udh ah ikut nimbrungnya say goodbye dulu /ilang

    Suka

  2. Oh ya untuk kata2 yg ini “Kalo lu terjerumus dalam dunia Roleplayer dengan mudahnya, dan butuh perjuangan kuat dan tekad untuk meninggalkannya, whiches lu udah nyaman sama dunia lo disana, dunia dimana lu bisa ngatur sesuai kemauan lu, punya kedudukan lah, dll lah. Tapi suatu saat lo bakal lrp, dan itu semua terjadi ga akan lama lagi, lu harus rela ninggalin orang-orang yang lu sayang.”

    Menurutku itu tergantung prioritas
    Seperti aku. Akj memprioritaskan real life akhirnya rp yg dunia fanapun dilupakan. Ninggalin org yg disayang? Bisa tuker2an kontek rl banyak kok temen2 rpku jg yg udh smp rl. Intinya kalo mau leave, coba pikirkan, penting mana dunia asli/palsu. Rp just for fun, tinggalin aja kalo emang udh gak minat kayak aku gak ush mikir2in apa2 apalagi kalo emang harus leave krn mengurusi sesuatu yg nyata, kalo ada yg bujuk2 ya diemin aja toh hidup nyata lebih penting (ini tips buat leave rp dari aku XD)

    Suka

    • Iya, makanya. Akupun juga udah tukeran2 rl (apa ini persiapan lrp?:v .ggg)
      Tapi maksud dari aku disini, keseruan kita jdi temen rp sama rl kan beda. Whiches semua yang kita punya di rp bakal kita tinggalin, toh kalo manusia bakal ada rasa ga rela juga kan xD,
      Kalo mau otw Real life akupun nanti juga nanti kek kakak juga, bakal bersikeras gamau kebawa org2 yg ngebujuk lagi. Haha, anggap enjoy ajalah rp ><

      Suka

  3. wah wah.. baru baca setelah di post hampir satu tahun lalu😂 aku juga mantan anak rp loh .g
    cuma rp fb sama bbm waktu itu, pas jaman jamannya rp fb itu nyampur sama rp inter berasa banget main charanya, bahkan ngasih love sign ke penggemar asli dan kudu pakai bahasa inggris 🙂 makin kesini, makin berubah fungsi rp fb makanya leave dan beralih ke bbm karena bosen doang dan leave lagi beberapa bulan setelahnya.. dan akhirnya nemu ini, udah lrp lama jadi flashback lagi :’)

    Disukai oleh 1 orang

    • haloo huangg kkk~
      wahh begitu ya rp fb, dulu nyampurr dan keknya seru ya? aku ga pernah mendalami ke rp an fb sih XD, agensi mana dulu kak?. Di LINE Pun sekarang juga makin ya err, ancur gitu. Banyak anak rp yg menyalahgunakan fungsinya kaya jdin RP sbg pemuas napsuT_T/curcol/
      Iya woi aku juga da jadi kangen lg kan sama rp :”) makasih udh mampirr

      Suka

    • rp line maksud kamu? kalo di line mau km rp atau enggak, ya bisa pakai bisa nggak. cuma kalo rp biar gampang cari nya pada pake id. cara buatnya bisa kamu liat di website lain ‘cara membuat id line’

      Suka

  4. Wah aku main rp fb dari jaman 2014 sampai sekarang. Bagi aku disana paling nyaman sih, akun bisa keliatan rapih/aesthetic. Grup grup juga udah ada, macam wgc, icr dll. Mau ooc , oc, Ic juga bisa wkwk.

    Disukai oleh 1 orang

  5. Aku pernah main juga di fb. Seru sih, walupun kadang bingung juga manfaatnya apa. Pernah mau nyoba main di twitter tapi kok rasanya terlalu open banget, soalnya kalo di fb kan mainnya paling di grup khusus dan jangkauannya pun gak seluas twitter sama ig.

    Disukai oleh 1 orang

  6. aku newbie nih, baru main rp dari tahun 2017 wkwkkwk, cuma rp WA. dari dulu sampai sekarang memang beda, dulu belum ada sistem trainee. pas aku balik hiat berubah deh semua. banyak gc2 pakai sistem trainee, dan gc biasa jarang diminati. jujur si emang enakan gc trai wkwkwk. sampai sampai banyak yang gila jabatan wkwkwk, pada pansos. sekarang rp ada famous2 an, pada saingan gc. besar2 an gen. udahlah ini aja wkwkkk.

    Suka

  7. Kak kalau slr itu apa yah kak?aku bingung gitu kak^:<
    Btw dijawab secepatnya yah kak😆btw id mxlati kok di line g ada kak?adanya melati?jgn lupa save id line aku ratuas y kak😁thx you,sama follow ig ku jg y @awwratu9,follback?DM aja

    Suka

    • haii, rp twitter pada dasarnya sama aja kaya main twitter biasa/ main rp di sosmed lain. yg bikin beda ya tampilannya aja, coba perlahan belajar.
      kalo dapet gc di fambest, biasanya ada akun base nya misal squad A opmem, nanti ya ada rulesnya jugaa gituuu.

      Suka

  8. Bagus tulisannya, lengkap banget, udh lumayan kebayang si Rp itu apa, tadinya bingung banget beneran, kek Rp tu apa si gajelas hehe abisnya banyak banget yang ngomongin tapi gue nol banget ga kebayang apa-apa.

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan komentar